Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMAN 7 Aceh Barat Daya

Rosi Novi Aji, 140207098 (2019) Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMAN 7 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran)
Rosi Novi Aji.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya saat ini masih menggunaakan media pembelajaran biasa seperti menggunakan LKS dan media slide yang berisitulisan-tulisan saja belum ada upaya guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu media yang dapat mengaktifkan aktivtas belajar siswa yaitu dengan menggunakan multimedia yang berupa power point dan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI di SMA negeri 7 Aceh Barat Daya yang dibelajarkan menggunakan multimedia pada materi sistem peredaran darah manusia. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dangan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah selutuh siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA1 yang terdiri dari 26 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama 96% dengan kata gori sangat aktif dan pertemuan kedua 92% juga termasuk kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil nilai pre-test yaitu 29, rata-rata ilai post-test yaitu 85 dan N-gain yaitu 56. Hasil pengujian hipotesis nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 25,80 ≥ ttabel 25= 1,708) dapat disimpulkan bahwa multimedia yang berupa power point dan alat peraga dapat mengingkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nurasiah, M.Pd; 2. Nurdin Amin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rosi Novi Aji
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:59
Last Modified: 30 Apr 2019 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7393

Actions (login required)

View Item
View Item