Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Media Audio Visual pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Mts 1 Samahani Aceh Besar

Nurmi, 281223203 (2018) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Media Audio Visual pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Mts 1 Samahani Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Media  Audio Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Media Audio Visual)
Nurmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Media  Audio Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Media Audio Visual)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di MTs 1 Samahani Aceh Besar masih tergolong sangat rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan model dan media dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah model inkuiri terbimbing yang dikombinasikan dengan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan media audio visual pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode pre- experimen, dengan desain penilitian One Group PreTest Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs 1 Samahani Aceh Besar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII3 yang berjumlah 20 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data aktivitas menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, data hasil belajar siswa diperoleh dengan cara memberikan pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata N-gain 0,52. Analisis aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan media audio visual dengan persentase 83,8% dengan kategori sangat aktif, dan analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 19,01 dan nilai ttabel 2,093. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII3 MTs 1 Samahani Aceh Besar pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Anton Widyanto, M.Ag., Ed.S 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Media Audio Visual, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurmi
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:22
Last Modified: 29 Apr 2019 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item
View Item