Kualitas Pelayanan Publik pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Daroy Kota Banda Aceh

Cut Rima Melati, 140802029 (2019) Kualitas Pelayanan Publik pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Daroy Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kualitas Pelayanan Publik]
Preview
Text (Membahas tentang Kualitas Pelayanan Publik)
Cut Rima Melati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kualitas Pelayanan Publik]
Preview
Text (Membahas tentang Kualitas Pelayanan Publik)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB) | Preview

Abstract

Perusahaan air minum merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan pelayanan jasa air kepada masyarakat, namun dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat masih banyak permasalahan diantaranya air keruh dan kekuning-kuningan. Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui bagaimanakualitas pelayanan dan upaya yang di lakukan pada PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh.Penelitianini menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif.Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasilpenelitianini menunjukkanbahwapelayanan yang diberikan PDAM Tirta Daroy belum dikatakan baik karna masih rendahnya daya tanggap dan empati. Adapun permasalahan yang terdapat di PDAM Tirta Daroy diantaranya distribusi air macet, air keruh dan air bau, dimanapermasalahantertinggiadalahtidak ada air dan ini menunjukkanjumlah pelapor yang semakin tinggi. Upaya dalam meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh PDAM dalam bidang keluhan pelangganyaitumenyediakan layanan pengaduan berupa media sosial resmi PDAM Tirta Daroy, melakukan pengecekan rutin sebulan sekali, menerapkan budaya disiplin pegawai serta menerapkan kebijakan Distrik Meter Area (DMA) untuk menghindari dan mendeteksi adanya pencurian air. Oleh karena itu dalam mengatasi permasalahan tidak ada air dan air keruh petugas PDAM Tirta Daroy dapatdi selesaikan dengan melakukan pengawasan dan pengecekan rutin dengan benar dan merata, sehingga menciptakan kualitas pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muhammad Thalal, Lc., M.Si., M.Ed 2. Taufik, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik, Perusahaan Daerah Air minum (PDAM)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Cut Rima Melati
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:48
Last Modified: 29 Apr 2019 01:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item
View Item