Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Gambar pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar

Maulita, 140207147 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Gambar pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran, Zat Adiktif]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran, Zat Adiktif)
Maulita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran, Zat Adiktif]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran, Zat Adiktif)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (920kB) | Preview

Abstract

Kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam proses pembelajaran biologi disebabkan oleh salah satu faktor yaitu selama ini guru belum pernah menggunakan model pembelajaran ataupun media yang menarik dalam pembelajaran. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif. penelitian ini menggunakan metode penelitian true eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kuta Baro yang terdiri dari tiga kelas, adapun sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIIIa sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa obervasi dan tes. Hasil analisis aktivitas belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontol pertemuan I yaitu 50% sedangkan aktivitas belajar siswa pada pertemuan II yaitu 57,17% dan pada kelas eksperimen pertemuan I nilai aktivitas belajar siswa yang diperoleh yaitu 61,41% sedangkan pada pertemuan II nilai yang diperoleh yaitu 71,73% yang dikategorikan aktif. Analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t yaitu thitung= 2,49 ttabel= 1,69. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media gambar lebih baik dibandingkan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi zat aditif dan zat adiktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Eriawati, S. Pd. I, M. Pd; 2. Eva Nauli Taib, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Gambar, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Zat Aditif dan Zat Adiktif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulita Marhaban
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:56
Last Modified: 30 Apr 2019 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item
View Item