Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Motivasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMPN 4 Mutiara Pidie

Rahmalia Hasanah, 140207170 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Motivasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMPN 4 Mutiara Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Rahmalia Hasanah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (942kB) | Preview

Abstract

Kurangnya motivasi dan ketuntasan belajar siswa terutama dalam proses pembelajaran biologi disebabkan oleh salah satu faktor yaitu kurang bervariasi model pembelajaran yang digunakan, sehingga banyak siswa yang tidak mencapai KKM. Cara mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII di SMPN 4 Mutiara Pidie dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan design penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Mutiara Pidie yang hanya terdiri satu kelas saja. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 21 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan rumus indeks = (skor total)/(skor maksiml ) x 100 dan analisis data ketuntasan belajar siswa menggunakan rumus P = f/n x 100. Hasil penelitian motivasi belajar siswa yang diperoleh dalam hasil nilai dengan rata-rata 87,2% yang dikategorikan sangat tinggi. Hasil ketuntasan belajar siswa yang diperoleh secara klasikal yaitu sebesar 85,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 4 Mutiara Pidie dapat dikategorikan sangat tinggi dan telah berhasil mencapai ketuntasan belajar siswa yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Eriawati, S. Pd. I, M. Pd; 2. Nurasiah, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture, Motivasi Belajar Siswa, Ketuntasan Belajar Siswa, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmalia Hasanah
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:57
Last Modified: 30 Apr 2019 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7418

Actions (login required)

View Item
View Item