Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Syafwanti, 140209042 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Meningkatkan Hasil Belajar)
Syafwanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Meningkatkan Hasil Belajar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran, model pembelajaran merupakan pola yang digunakan untuk pedoman guru dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Akan tetapi, fakta yang terjadi di kelas IV MIN 20 Aceh Besar yang mana dalam proses pembelajaran tematik hanya beberapa siswa saja yang terlihat aktif mengikuti pembelajaran, sedangkan siswa yang tidak terlihat aktif hanya cenderung diam dan mendengarkan guru saja selama proses pembelajaran berlangsung. Penyajian materi pembelajaran yang tidak bervariasi, karena hanya berpatokan pada buku siswa saja tanpa menggunakan media dan model yang dapat membuat siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Sehingga siswa yang tidak berperan aktif saat itu dapat mempengaruhi pada rendahnya pemahaman siswa tersebut pada materi yang diajarkan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu upaya untuk menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Aktivitas guru mengajar pada siklus I sebesar 73,91% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,04%. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,13%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,42% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) proses pembelajaran menjadi lebih aktif, dan hasil belajar siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mawardi, S.Ag., M.Pd 2. Sri Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syafwanti Wanti
Date Deposited: 07 May 2019 01:16
Last Modified: 07 May 2019 01:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7483

Actions (login required)

View Item
View Item