Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dilihat dari Uang kiriman Orang Tua (Studi Deksriptif Analisis Pada Online Shopping Fashion Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Cut Lindawati, 140402132 (2019) Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dilihat dari Uang kiriman Orang Tua (Studi Deksriptif Analisis Pada Online Shopping Fashion Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perilaku konsumtif mahasiswa dilihat dari uang kiriman orang tua (studi deskriptif analisis pada online shopping fashion di fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry)]
Preview
Text (Perilaku konsumtif mahasiswa dilihat dari uang kiriman orang tua (studi deskriptif analisis pada online shopping fashion di fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry))
CUT LINDAWATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of pdf scan from d dan b.pdf]
Preview
Text
pdf scan from d dan b.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penggunaan internet semakin populer dikalangan para generasi muda terutama bagi mahasiswa. Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang sangat dekat dengan persoalan akses informasi dan dunia internet khususnya online shopping, online shopping merupakan bentuk perubahan yang disajikan oleh internet segi inovasi kreatif dalam berbelanja. Pada setiap kesempatan online shopping menjadi perbincangan oleh sebagian kalangan mahasiswa. Online shopping fashion menjadi salah satu sarana mereka dalam memilih produk-produk yang menarik dan menyediakan produk yang lengkap, selain lengkap juga mudah dan praktis untuk digunakan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk melihat bagaimana persepsi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry tentang online shopping fashion, untuk melihat barang apa saja yang dibeli oleh mahasiswa dan apa penyebab mahasiswa berperilaku konsumtif terhadap online shopping fashion, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai teknik purposive sampling dengan jumlah 12 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi tergolong konsumtif, ini didapatkan dari hasil persepsi bahwa kebanyakan dari mahasiswi boros, selain mereka mengkonsumsi barang untuk diri-sendiri, mereka juga menjual barang tersebut untuk orang lain, agar bisa menambah uang jajan. barang yang terdapat di online shop lebih unikdan menarik, sehingga mahasiswapuas dengan barang yang dibeli melalui online shopping fashion. Barang yang dibeli mahasiswa beragam di online shopping menurut barang yang digemari oleh mahasiswa, penyebab mahasiswa melakukan online shopping fashion yaitu didorong oleh berbagai adanya pengaruh dari sekeliling lingkungan yang mendukung untuk melakukan perilaku konsumtif melalui online shopping fashion, baik dari segi media, produk, harga, dan iklan, bahkan dukungan dari pihak lain. Kaitan penelitian ini terhadap jurusan Bimbingan dan Konseling Islam yaitu, untuk meningkatkan studi keilmuan pada jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, dimana para dosen atau konselor dapat memberikan layanan dan bimbingan, dukungan moral terhadap mahasiswa berperilaku konsumtif terhadap online shopping fashion dengan membentuk kelompok-kelompok konseling agar dapat memecahkan serta memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi dikalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Julianto Saleh, S.Ag., M.Si 2.Rizka Heni, S. Sos. I. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Online Shopping Fashion
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.9 Psikologi Linkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cut lindaw Cut M. Jala cutni
Date Deposited: 03 May 2019 02:36
Last Modified: 03 May 2019 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7534

Actions (login required)

View Item
View Item