Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Praktikum Berbasis Lingkungan pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Beutong Nagan Raya

Muammar Saktria, 140208143 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Praktikum Berbasis Lingkungan pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Beutong Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Praktikum Berbasis Lingkungan]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Praktikum Berbasis Lingkungan)
Muammar Saktria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Praktikum Berbasis Lingkungan]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Praktikum Berbasis Lingkungan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yang optimal didukung kemampuan guru dalam mengajar serta menggunakan fasilitas untuk menunjang hasil belajar siswa. Kenyataannya pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Beutong masih menggunakan metodemetode lama yang tidak meningkatkan hasil belajar. Siswa cenderung mengamati dan menghafal materi serta minimnya kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas yang ada seperti laboratorium dan terbatasnya bahan-bahan yang diperlukan untuk praktikum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, meningkatkan hasil belajar dan respon siswa melalui metode praktikum berbasis lingkungan pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui 3 siklus dengan menggunakan observasi, angket, dan tes. Kemudian data yang dihasilkan tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa ditandai dengan persentase (88%) dan (80%), perolehan rata-rata yang dicapai dari hasil belajar pada siklus I adalah 68,50, Siklus II 73,16 dan
pada siklus III 77,83. Hal ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar setelah mengikuti proses pembelajaran. Serta dapat disimpulkan metode
praktikum berbasis lingkungan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Nuralam, M.Pd 2. Riza Zulyani,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, Metode praktikum berbasis lingkungan, Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muammar Saktria
Date Deposited: 02 May 2019 05:03
Last Modified: 02 May 2019 05:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7569

Actions (login required)

View Item
View Item