Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa MTs

Aisyah, 140205118 (2019) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B D.pdf]
Preview
Text
FORM B D.pdf

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of AISYAH FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
AISYAH FULL SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nama : Aisyah
NIM : 140205118
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Matematika
Judul : Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model
Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa MTs
Tanggal Sidang : 15 januari 2019
Tebal Skripsi : 263 Halaman
Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes
Pembimbing II : Kamarullah S. Ag, M. Pd
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis

Komunikasi matematis sangat perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika, hal ini karena melalui komunikasi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Model Problem Based Learning, merupakan suatu model yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning, (2) untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model Problem Based Learning dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest equivalent-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh (1) thitung= 9,88 dan ttabel =1,70, maka thitung>ttabel , berarti bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung = 3,83 dan ttabel = 1,67, maka thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis mengalami peningkatan setelah diterapkan model Problem Based Learning (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model Problem Based Learning lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: ms aisyah 140205118
Date Deposited: 03 May 2019 07:51
Last Modified: 03 May 2019 07:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7625

Actions (login required)

View Item
View Item