Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Archaeobacteria dan Eubacteria di Kelas X MAN 5 Aceh Besar

Khairun Nisa, 281223112 (2017) Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Archaeobacteria dan Eubacteria di Kelas X MAN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode Pendidikan; Belajar]
Preview
Text (Metode Pendidikan; Belajar)
KHAIRUN NISA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran salah satunya sangat bergantung pada bagaimana peran guru dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa tidak pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen pada materi Archaeobacteria dan Eubacteria di kelas X MAN 5 Aceh Besar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 5, yang terdiri dari kelas X IPA, X IPS, dan X Agama. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 20 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi aktivitas siswa) dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas siswa pada pertemuan I 75%, pertemuan II 82,95%, dan pertemuan III 85,93 % Hasil analisis data diperoleh thitung = 8,23, ttabel = 1,73, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen tergolong sangat aktif (81,29%). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata 43% menjadi 71,25%.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1) Elita Agustina, M.Si 2) Nurasiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Metode
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 26 Sep 2017 09:56
Last Modified: 26 Sep 2017 09:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item
View Item