Analisis Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Koleksi Difabel dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Banda Aceh

Hayatun Nufus, 140503008 (2019) Analisis Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Koleksi Difabel dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas kemampuan guru dalam pemanfaatn koleksi difabel dalam proses pembelajaran di SDLB]
Preview
Text (membahas kemampuan guru dalam pemanfaatn koleksi difabel dalam proses pembelajaran di SDLB)
skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pemanfaatan Koleksi]
Preview
Text (Membahas tentang Pemanfaatan Koleksi)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Koleksi Difabel Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam pemanfataan koleksi difabel dalam proses pembelajaran pada SDBLN Banda Aceh dan untuk mengetahui faktor yang menjadi hambatan bagi guru dalam pemanfaatan koleksi difabel dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru lulusan PLB (Pendidikan Luar Biasa) pada SDLBN Banda Aceh. Jumlah informan sebanyak 15 orang, diantaranya 13 guru PLB, seorang guru pengelola perpustakaan serta kepala SDLBN dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru (13 orang) PLB mampu memanfaatkan koleksi difabel yang tersedia di perpustakaan maupun milik pribadi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Dengan demikian, guru mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran terhadap siswa difabel, sehingga timbulnya sikap, nilai dan minat guru dalam melakukan pembelajaran. Kemudian, faktor yang menjadi hambatan guru PLB dalam pemanfaatan koleksi difabel dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagian koleksi difabel berbahasa asing (bahasa inggris), sehingga guru tidak dapat memanfaatkan sebagai bahan bacaan dalam menangani siswa difabel, padahal koleksi tersebut menjelaskan berbagai solusi dalam menangani siswa difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Hayatun Nufus
Date Deposited: 12 Jun 2019 05:22
Last Modified: 12 Jun 2019 05:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item
View Item