Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Pantun dengan Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh

Simehate Ayuni, 140209065 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Pantun dengan Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Gambar]
Preview
Text (Membahas tentang Media Gambar)
Simehate Ayuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Gambar]
Preview
Text (Membahas tentang Media Gambar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB) | Preview

Abstract

Pantun adalah sejenis puisi asli Melayu tradisional yang bersifat terikat, umumnya terdiri dari empat baris, dan penulisannya di lambangkan dengan huruf a-b-a-b. Pada saat memulai kelas berlangsung, seorang guru dibutuhkan keterampilan dalam penggunaan media, salah satunya adalah media gambar yang merupakan contoh alat bantu pandang yang berguna untuk membantu siswa memahami konsep tertentu yang ingin dikenalkan oleh guru. Adapun latar belakang masalah yaitu dalam keterampilan menulis pantun, kemampuan siswa masih belum optimal. Guru masih kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan, Pertama; Bagaimana aktivitas guru dalam mengajar dengan penggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh?, Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh? dan Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh?. Ini merupakan jenis penelitian PTK. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa, serta melalui tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun, pada siklus I sudah mencapai katagori baik yaitu 81%. Sedangkan pada siklus II yaitu 92% dalam katagori baik sekali. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun, siklus I di katagorikan 71% Baik. Sedangkan pada siklus II dapat dikatagorikan baik sekali yaitu 95%. Dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun di kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh mengalami peningkatan yaitu pada siklus I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai 40%. Sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan hingga 90%, Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi Pantun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Masbur, M.Ag. 2. Yuni Setia Ningsih, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Menulis, Pantun, Media Gambar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Simehate Ayuni Ayuni
Date Deposited: 09 May 2019 04:34
Last Modified: 09 May 2019 04:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7743

Actions (login required)

View Item
View Item