Penerapan Model Project Based Learning (PjBl) terhadap Daur Ulang Limbah pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Kota Subulussalam

Dian Novita Sari, 140207016 (2019) Penerapan Model Project Based Learning (PjBl) terhadap Daur Ulang Limbah pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Dian Novita Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (951kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kreativitas siswa kelas X IPA2 MAN 1 Kota Subulussalam dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu guru belum pernah melibatkan siswa dalam penugasan sebuah project, sehingga siswa menjadi kurang aktif, kreatif, dan inovatif. Salah satu solusinya adalah membuat project daur ulang sampah yang berada disekitar lingkungan MAN 1 Kota Subulussalam dan menghasilkan sebuah produk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 98 siswa, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA2 yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini yaitu Pre Experimen dengan design one group pre-test posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian produk dan tes (pretest dan posttest). Analisis penilaian produk menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian kreativitas siswa kelas X IPA2 MAN 1 Kota Subulussalam melalui penerapan model Project Based Learning (PjBl) terhadap daur ulang limbah pada materi pencemaran lingkungan tergolong kreatif dan sangat kreatif, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pre-test 21,25 dan nilai rata-rata post-test 74,75 terbukti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung = 13,75 dan ttabel = 1,73). Penerapan model project based learning (PjBl) terhadap daur ulang limbah pada materi pencemaran lingkungan siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar, dan kreativitas siswa di kriteriakan ke dalam kreatif dan sangat kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Anton Widyanto, M. Ag, Ed.S; Nafisah Hanim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dian Novita Sari
Date Deposited: 13 May 2019 01:46
Last Modified: 13 May 2019 01:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item
View Item