Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa SMP/MTs

Dedek Gunawan, 140205020 (2019) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Model Project Based Learning]
Preview
Text (Membahas Tentang Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Model Project Based Learning)
DEDEK GUNAWAN (140205020).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika, karena berpikir kritis ialah salah satu kemampuan yang dituntut dalam matematika dan sebagai standar kemampuan yang harus dimiliki. Namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih menunjukkan nilai yang rendah, dengan demikian dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibutuhkan suatu model pembelajaran yaitu model project based learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model project based learning (PjBL) pada Siswa SMP/MTs; 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTs antara kelas yang dibelajarkan dengan Model project based learning dan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan control group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji-t independen. Sebagai populasi dari penelitian ini adalah siswa SMPN 6 Banda Aceh, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini dikumpulkan dari lembar tes kemampuan yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen diperoleh N-Gain 0.52 pada kategori “Sedang” dan berdasarkan uji paired sample t test diperoleh thitung > ttabel atau 13.44 > 1.67; (2) dari pengujian dengan uji–t independen, diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedek Gunawan Dedek
Date Deposited: 13 May 2019 08:14
Last Modified: 13 May 2019 08:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7823

Actions (login required)

View Item
View Item