Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 1 Banda Aceh

T. M. Haekal, 140206006 (2018) Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar_Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of T M HAEKAL.pdf]
Preview
Text
T M HAEKAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus membutuhkan pendampingan khusus dari pihak sekolah tidak terkecuali wali kelas. Di SDN 1 Banda Aceh anak berkebutuhan khusus dikelola sesuai dengan standar yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, strategi serta hambatan wali kelas dalam pengelolaan anak berkebutuhan khusus di SDN 1 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan teknik miles dan huberman. Hasil penelitian meliputi: 1). Peran wali kelas yaitu sangatlah dibutuhkan bahkan sangat penting dari sisi pengelolaan ABK. Sebagaimana hak wali kelas dalam mengelola anak didiknya di dalam kelas, perannya antara lain yaitu membuat RPP, merancang silabus, media, dan kurikulum modifikasi. 2). Wali kelas dalam pengelolaan anak berkebutuhan khusus adalah wali kelas dan guru pendamping khusus selalu mendampingi siswa reguler maupun anak berkebutuhan khusus selama proses belajar berlangsung sampai pembelajaran tersebut selesai, suasana kelas dibuat selalu menyenangkan terkadang ada juga siswa yang bosan sehingga guru menjadi lebih aktif menjaga. Wali kelas memahami pengelolaan tidak hanya secara teori akan memakai naluri sendiri. Hambatan yaitu kurangnya skill dalam menggali anak berkebutuhan khusus karena tenaga kependidikan bukan lulusan dari sekolah untuk anak berkebutuhan khusus. Pengelolaan anak berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh guru di SDN 1 Banda Aceh, pengelolaan dapat dilakukan dengan baik, terbukti dengan siswa selalu berperan aktif dalam pembelajaran dan siswa mampu melaksanakan evaluasi yang dilakukan oleh guru. Dan bagi peneliti selanjutnya, semoga dapat mengkaji lebih dalam lagi mengenai pengelolaan wali kelas dan guru pendamping khusus dalam mengelola dan menangani anak berkebutuhan khusus (ABK) dan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan untuk lebih melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Jamaliah Hasballah, M. A 2. Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Wali Kelas, Pengelolaan, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: TM Haekal Haekal
Date Deposited: 15 May 2019 07:57
Last Modified: 15 May 2019 07:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7880

Actions (login required)

View Item
View Item