Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Anisah, 140208124 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model  Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar)
ANISAH UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi struktur atom adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang mengutamakan kepada penjelasan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap: aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru dan tes. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memperoleh nilai kategori sangat tinggi dengan persentase rata-rata dari dua orang pengamat pada pertemuan pertama adalah 88,33%. dan pada pertemuan kedua adalah 90,83%. Hasil pengamatan terhadap aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memperoleh nilai kategori tinggi dengan persentase rata-rata dari dua orang pengamat adalah 85,57% dan pada pertemuan kedua adalah 92,30% dengan kriteria sangat tinggi. Hasi belajar dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (t-test) pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh dari uji-t yaitu thitung> ttabel atau 2,74 >1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat mempengaruhi aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar yang positif pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri suyanta, M.Ag 2. Teuku Badlisyah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Hasil Belajar, Struktur Atom
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Anisah
Date Deposited: 17 May 2019 01:25
Last Modified: 17 May 2019 01:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7889

Actions (login required)

View Item
View Item