Miskonsepsi Siswa pada Operasi Hitung di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar

Noval Alfyandi Rusmi, 140209130 (2018) Miskonsepsi Siswa pada Operasi Hitung di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Miskonsepsi Siswa pada Operasi Hitung]
Preview
Text (Miskonsepsi Siswa pada Operasi Hitung)
NOVAL ALFYANDI RUSMI PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman atas suatu konsep yang telah disepakati oleh pakar. Mendeteksi adanya miskonsepsi pada siswa sangatlah penting dilakukan, mengingat bahwa antar konsep yang satu dan yang lain saling berkaitan dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi atau melihat letak miskonsepsi siswa pada operasi hitung di kelas IV MIN 8 Aceh Besar Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 8 Aceh Besar yang terdiri dari 29 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa kemudian dikelompokan kedalam kriteria kesalahan serta disesuaikan dengan konsep yang sebenarnya. Jika jawaban siswa tidak sesuai dengan kaidah yang sebenarnya, maka siswa mengalami miskonsepsi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: Kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV MIN 8 Aceh Besar yaitu kesalahan konsep, prinsip keterampilan dan yang paling dominan terjadi kesalahan yaitu kesalahan konsep. Penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu, kesalahan membaca, memahami soal, belum sepenuhnya menguasai materi, kecerobohan dalam menjawab, kurang cermat, kurangnya minat dalam belajar. Dalam hal ini peran guru sangat penting untuk mengatasi dan memperbaiki kesalahan konsep agar tidak mengalami miskonsepsi lagi terutama pada materi operasi hitung yang terindetifikasi miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd 2. Nida Jarmita, S.Pd.I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep, Miskonsepsi, Operasi Hitung
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noval Alfyandi Rusmi
Date Deposited: 20 May 2019 07:32
Last Modified: 20 May 2019 07:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7942

Actions (login required)

View Item
View Item