Asi Masita, 140204171 (2019) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta didik Pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Penerapan Metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 darul imarah.pdf
Download (7MB) | Preview
FORM B & FORM D.pdf
Download (554kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Darul Imarah, menunjukkan bahwa pembelajaran fisika yang digunakan masih berpusat pada pendidik. Meotde yang diterapkan masih metode ceramah, dan peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran, pembelajaran. Kemudian pembelajaran belum melibatkan keterampilan proses sains, pendidik hanya melihat berhasil atau tidaknya pembelajaran dari hasil akhir belajar peserta didik. Oleh karna itu perlu diterapkan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS). Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan (KPS) peserta didik terutama pada materi fluida statis. Kemudian untuk mengetahui respon peserta didik terhadap metode eksperimen dalam meningkatkan (KPS). Selanjutnya untuk mengetahui aktivitas pendidik dan peserta didik di kelas melalui metode pembelajaran eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Experimental. Design penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah One Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester ganjil SMAN 1 Darul Imarah tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah peneliti mengambil kelas XI MIPA3 dengan jumlah 25 orang peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode eksperimen terhadap KPS peserta didik terdapat peningkatan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji statistik, thitung> ttabel yaitu 30,32 > 1,71, hal ini mennjukkan bahwa Ha diterima, sedangkan skor rata-rata N-Gain berdasarkan nilai pre-test dan post-test peserta didik adalah 0,67 dengan kategori sedang, artinya penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan KPS peserta didik SMAN 1 Darul Imarah. Kemudian respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sedang. Terakhir aktivitas pendidik dan peserta didik juga mengalami peningkatan, dimana nilai rata-rata dapat dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan KPS peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Muhammad Isa, M.Si 2. Fera Annisa, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains (KPS), Fluida Statis |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Asi Masita Asi |
Date Deposited: | 24 May 2019 01:43 |
Last Modified: | 24 May 2019 01:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8007 |