Nur Ika Maulita, 140207158 (2019) Aktivitas Belajar Siswa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Somatik, Auditori,Visual Dan Intelektual(SAVI) Berbantuan Media Animasi di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Form B dan Form D - Nur Ika Maulita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (443kB) | Preview
Skripsi Full - Nur Ika Maulita.pdf
Download (13MB) | Preview
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Inshafuddin masih tergolong rendah. Kurangnya variasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran menjadi salah satu pemicu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunaan model dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) dan media animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media animasipada materi Sistem Pencernaan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian inimenggunakan rancangan True Eksperiment dengan desainPretest Posttest Control Grup Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampelpenelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase dan statistik uji-t sedangkan hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t.Hasil analisis data menunjukan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media animasi pada pertemuan pertama tergolong aktif dengan nilai persentase 74,89% dan meningkat pada pertemuan ke dua menjadi sangat aktif dengan persentase 88,38%. Aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi saja tergolong pada kategori aktif dengan nilai persentase 63,31% pada pertemuan pertama dan 74,26% pada pertemuan ke dua. Hasil uji-t menunjukan thitung 113,35> ttabel 2,201 untuk aktivitas belajar siswa sedangkan untuk hasil belajar siswamenunjukan thitung 3,29> ttabel 1,67,dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media animasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya menggunakan media animasi.
Kata Kunci:Model Pembelajaran SAVI, Media Pembelajaran Animasi,Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan pada Manusia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Eva Nauli Taib., M.Pd. 2. Zuraidah., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran SAVI, Media Animasi, Sistem Pencernaan |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Ika Maulita Ika |
Date Deposited: | 23 May 2019 08:00 |
Last Modified: | 23 May 2019 08:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8018 |