Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di MAN Jeuram

Yuni Asmanidar, 140213028 (2018) Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di MAN Jeuram. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di MAN Jeuram.pdf]
Preview
Text
Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di MAN Jeuram.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D - Yuni Asmanidar.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Yuni Asmanidar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

dalam melakukan kegiatan bagi seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang dihendaki tanpa motivasi maka aktivitas hidup seseorang akan menurun. Setiap individu supaya memiliki motivasi dalam dirinya sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan cita-cita atau keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bimbingan karir merupakan kegiatan yang diselengarakan guru Bimbingan dan Konseling disekolah pada peserta didik dengan tujuan untuk memperolah penyesuaian diri, pemahaman tentang pendidikan lanjut dan pemahaman tentang dunia kerja sehingga peserta didik dapat terbantu dengan adanya bimbingan karir peserta didik juga dapat merencanakan karir dengan baik. Penelitian ini berjudul “Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di MAN Jeuram” untuk melihat apakah layanan bimbingan karir efektif dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya layanan bimbingan karir kepada siswa kelas XII MIA 2 MAN Jeuram. Jenis penelitian ini adalah penelitian exsperimen dengan design one-grup pre-test-post-test teknik yang digunakan adala skala peningkatan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 130 siswa, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XII MIA 2, menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis menggunakan rumus uji tpaired samples test dengan bantuan aplikasi SPSS seri 20.0, Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan karir.Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karir efektif dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. masbur, M.Ag 2. Faisal Anwar, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir dan Motivasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yuni Asmanidar Yuni
Date Deposited: 23 May 2019 07:08
Last Modified: 23 May 2019 07:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item
View Item