Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” ,,Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMPN 1 Muara Tiga

Muhammad Irfan, 140205060 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” ,,Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMPN 1 Muara Tiga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E”  ,,Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” ,,Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis)
MUHAMMAD IRFAN REPOSITORY UIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah masih kurang dimiliki oleh siswa hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan dalam suasana pembelajaran kurang dapat mengoptimalkan untuk berkembangnya proses pemecahan masalah siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu digunakan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran Learning Cycle 5”E”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran Learning Cycle 5”E” pada materi SPLDV. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain penelitian adalah pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji perbedaan antara eksperimen dan kontrol, dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas kontrol adalah 36,50, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 39,94. Setelah dilakukan uji beda rata-rata, diperoleh thitung=2,63>ttabel=1,675, yang bermakna bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Muara Tiga yang belajar dengan model Learning Cycle 5”E” lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, karena thitung lebih dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terima h1 dan tolak h0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd. 2. Khusnul Safrina, S.Pd i, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 5”E” Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Irfan
Date Deposited: 27 May 2019 03:25
Last Modified: 27 May 2019 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8040

Actions (login required)

View Item
View Item