Pengaruh Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assissted Individually) terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV MIN 2 Aceh Besar

Lidya Febrina, 140209140 (2019) Pengaruh Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assissted Individually) terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV MIN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Kooperatif Tipe TAI] Text (Membahas tentang Model Kooperatif Tipe TAI)
Lidya Febrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Membahas tentang Model Kooperatif Tipe TAI] Text (Membahas tentang Model Kooperatif Tipe TAI)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan siswa dalam berfikir dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TAI (Team Assissted Individally) terhadap keterampilan berfikir kritis siswa serta tanggapan siswa terhadap model kooperatif tipe TAI (team assissted individually) pada materi selalu berhemat energi . Rancangan penelitian ini menggunakan pre- experimental desaign dengan desain penelitian one group pree-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2 Aceh Besar yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes berupa lembar pree-test dan post-test dengan instrumen soal dalam bentuk essay sebanyak 5 butir soal. Analisis data pree-test dan post-test siswa dengan menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai preetest adalah 35,62 dan rata-rata nilai post-test adalah 57,5. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan rata-rata N-gain 0,32, hasil uji t diperoleh t hitung = 2,56 dengan dk 15 diperoleh t tabel = 1,75. Hasil ini menunjukkan t hitung > t tabel, sehingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ridhwan M. Daud, M. Ed 2. Irwandi, S. Pd. I, MA
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe TAI, Keterampilan Berfikir Kritis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lidya Febrina Lidya
Date Deposited: 24 May 2019 04:03
Last Modified: 24 May 2019 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8048

Actions (login required)

View Item
View Item