Persepsi Masyarakat Lokal terhadap Sosialisasi Wisata Syariah di Banda Aceh

Zulya Asyifa, 140401140 (2019) Persepsi Masyarakat Lokal terhadap Sosialisasi Wisata Syariah di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B D.pdf]
Preview
Text
FORM B D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of FULL SKRIPSI ASYIFAAA'.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI ASYIFAAA'.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diberi judul Persepsi Masyarakat Lokal Terhadap Sosialisasi Wisata Syariah Di Banda Aceh. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah bahwa Dinas pariwisata Kota Banda Aceh melakukan sejumlah bentuk sosialisasi mengenai wisata syariah yang dikemas dalam wisata halal. Sosialisasi tentang wisata syariah perlu diperjelas dan dipertegas akan maknanya, jika tidak demikian maka dikhawatirkan masyarakat akan keliru dalam memahaminya atau salah dalam mempersepsikan. Sebahagian masyarakat awam menilai syariah itu adalah hukum ibadah atau jinayah saja, tidak ada kaitannya dengan wisata sehingga praktek wisata syariah sering diabaikan oleh masyarakat sekitar wisata atau pelaku usaha wisata. Kesalahan persepsi pada masyarakat disebabkan oleh dua faktor, yaitu personal dan situasional. Hal inilah yang terkadang menyebabkan sosialisasi wisata syariah tidak berjalan dengan baik karena ada persepsi yang keliru dari masyarakat. Dari permasalahan diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk sosialisasi wisata syariah yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dan bagaimana persepsi masyarakat lokal terhadap sosialisasi wisata syariah di Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, Sementara informan dalam penelitian diambil secara probability sampling (teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dinas pariwisata melakukan sosialisasi kepada masyarakat sadar wisata atau pelaku usaha wisata, dengan memberikan informasi baik dengan diskusi, seminar atau melalui media, baik media massa maupun media sosial. Adapun persepsi masyarakat terhadap proses sosialisasi wisata syariah disambut dengan positif dan sangat dibutuhkan agar masyarakat dapat memahami makna dan esensi dari wisata syariah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fajri Chairawati, S.Pd.I, MA 2. Rusnawati, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Sosialisasi, Masyarakat Lokal dan Wisata Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulya Asyifa Zulya
Date Deposited: 27 May 2019 07:15
Last Modified: 27 May 2019 07:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8071

Actions (login required)

View Item
View Item