Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 12 Banda Aceh

Mutia Rahmi, 140208133 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model PBL, Laju Reaksi, Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Model PBL, Laju Reaksi, Hasil Belajar)
Mutia Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model PBL, Laju Reaksi, Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Model PBL, Laju Reaksi, Hasil Belajar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (753kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa untuk memahami pelajaran, sehingga siswa berminat untuk belajar terutama belajar kimia. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pada materi laju reaksi di SMA Negeri 12 Banda Aceh ? (2) Bagaimana aktivitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi laju reaksi diSMA Negeri 12 Banda Aceh? (3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi laju reaksi diSMA Negeri 12 Banda Aceh?. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah pre-ekprerimen dengan desain one grup pre-test post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test, observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil analisis uji korelasi pada signifikan 0,05 t hitung =18,441 dan t tabel = 2,074 karena 18,441≥ 2,074 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil perolehan data aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan yaitu 93,84%, 94,48% dan 98,21%, menunjukan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan (3) hasil analisis respon siswa didapatkan 2,92% siswa sangat tidak setuju, 19,60% siswa tidak setuju, 60% siswa setuju dan 17,50 % siswa sangat setuju. Sehigga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terdahap hasil belajar siswa, aktivita siswa dan minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr. Mujakir,M.Pd.Si 2.Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Laju Reaksi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutia Rahmi
Date Deposited: 29 May 2019 02:48
Last Modified: 29 May 2019 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item
View Item