Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Team Games Tournament Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII di SMP Babul Maghfirah

Cut Rauzah Tinur, 251222817 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Team Games Tournament Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII di SMP Babul Maghfirah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pendidikan Fisika]
Preview
Text (Membahas Tentang Pendidikan Fisika)
Cut Rauzah Tinur.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII SMP Swasta Babul Magfirah diperoleh permasalahan bahwa proses pembelajaran sering berorientasi pada guru dan jarang melibatkan siswa secara langsung. Selain itu, di sekolah tersebut guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dalam pelajaran Fisika. Sehingga, siswa merasa jenuh dan bosan mempelajari materi Fisika, dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 50, nilai tersebut masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pesawat Sederhana kelas VIII di SMP Swasta Babul Maghfirah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pra-Eksperimen, sedangkan desainnya adalah One Grup Pretest-Postest yang dilaksanakan di SMP Swasta Babul Magfirah, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Babul Magfirah tahun ajaran 2016/2017 dan sampelnya siswa kelas VIII SMP Swasta Babul Magfirah. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test). Analisis data menggunakan Uji-t dengan rumus Separated Varian, diperoleh hasil, dan hasil perhitungan thitung ≥ ttabel yaitu 10,60 ≥ 2,07. sehingga H_o ditolak, maka H_a diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pesawat Sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Marzuki, M.S.I 2. sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, team games tournament, hasil belajar, pesawat sederhana
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: cut rauzah
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:24
Last Modified: 29 Sep 2017 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item
View Item