Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Nita Elvida, 140205176 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Nita Elvida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Jeunieb tergolong rendah. Data obsevasi hasil ujian siswa kelas VII tahun 2016/2017 diperoleh bahwa hanya 43% siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Sedangkan 57% skor matematika tidak mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada kategori rendah dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat sangat membantu siswa dalam menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu dilakukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan Index Card Match cenderung membuat siswa menjadi lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan Index Card Match dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan Index Card Match dan (2) untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan Index Card Match. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Jeunieb. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling, dengan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan Index Card Match dan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan menggunakan Index Card Match terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Lasmi, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nita Elvida
Date Deposited: 13 Jun 2019 09:35
Last Modified: 13 Jun 2019 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item
View Item