Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Optik Geometris di MAN Beureunuen

Maghfirah, 251222844 (2018) Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Optik Geometris di MAN Beureunuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Maghfirah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada saat melaksanakan PPKPM di sekolah MAN Beureunuen didapatkan bahwa siswa kurang aktif dalam belajar misalnya dalam mengeluarkan pendapatnya sendiri, hal ini disebabkan karena siswa kurang berinteraksi antara siswa dngan siswa dan siswa dengan guru, kemudian laboratorium yang ada tidak difungsikan dengan baik dikarenakan banyak alat yang rusak. Oleh karena itu dilakukan upaya mengatasi kondisi pembelajaran tertentu, salah satu cara adalah dengan Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Optik Geometris di MAN Beureunuen. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Metode Eksperimen pada materi Optik Geometris di MAN Beureunuen, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan Metode Eksperimen pada materi Optik Geometris di MAN Beureunuen, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh Metode Eksperimen terhadap pemahaman siswa pada materi Optik Geometris di MAN Beureunuen. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design merupakan penelitian eksperimen yang hanya menggunakan kelompok studi tanpa menggunakan kelompok control. Data dikumpulkan melalui soal tes. Data dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji Paired T Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 31,67 kemudian pada post test meningkat menjadi 74,79. Hasil uji t didapatkan t hitung = 19,8 dengan dk = 23 pada taraf signifikan α = 0,05 maka dari tabel distribusi t didapat t(0,05)(23) = 3,768 dimana t hitung > t tabel yaitu 19,8 > 3,768. Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan Metode Eksperimen pada pembelajaran fisika khususnya materi optik geometris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed 2. Juniar Afrida M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen Hasil belajar, Konsep optik geometris
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Maghfirah
Date Deposited: 19 Jun 2019 01:14
Last Modified: 19 Jun 2019 01:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8222

Actions (login required)

View Item
View Item