Al-Al'abul Lughawiyyati wa Istikhdaamiha fi Ta`liimil `Adad wal Ma`duud (Diraasah Tajribiyyah bi Raudhati Daarul Falah li Ta`limil Quran Gampong Pineueng Banda Aceh)

Qurrata Akyun, 140202095 (2019) Al-Al'abul Lughawiyyati wa Istikhdaamiha fi Ta`liimil `Adad wal Ma`duud (Diraasah Tajribiyyah bi Raudhati Daarul Falah li Ta`limil Quran Gampong Pineueng Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang permainan bahasa]
Preview
Text (Membahas tentang permainan bahasa)
Qurrata Akyun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana yang telah peneliti amati, bahwasanya santri menghadapi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam materi ‘Adad Ma’dud (bilangan). Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang disajikan oleh ustazah tidak diikuti dengan media pembelajaran, hanya terpaku pada buku teks, oleh karenanya kemampuan santri sulit meningkat dan belajar materi ‘adad ma’dud menjadi materi yang sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : untuk mengetahui pengaruh permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan santri dalam pembelajaran ‘adad ma’dud dan untuk mengetahui pengaruh permainan bahasa dalam kemudahan santri dalam pembelajaran materi ‘adad ma’dud. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pretest – postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri “TQA” TPA Darul Falah yang berjumlah 405 santri dan sampelnya 20 santri dari kelas dirasah. Dari hasil penelitian, penulis mendapatkan bahwa penerapan permainan bahasa (Al’ab Al-lughawiyah) efektif dalam meningkatkan kemampuan santri, karena nilai uji t-test lebih besar daripada nilai t-tabel (2,09<9,53>2,86), dan memudahkan mereka dalam pembelajaran ‘adad ma’dud, berdasarkan pada nilai observasi aktifitas ustzah, yaitu 90% dan nilai observasi aktifitas santri, yaitu 90%. Maka, ini menunjukkan bahwasanya hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima atau bahwasanya penerapan permainan bahasa (Al’ab Al-lughawiyah) dapat meningkatkan kemapuan santri dan memudahkan mereka dalam mempelajari ‘adad ma’dud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Salami Mahmud, MA Dr. Husnizar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Permainan, bahasa arab, `adat ma`dud
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qurrata Akyun
Date Deposited: 20 Jun 2019 07:55
Last Modified: 20 Jun 2019 07:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8280

Actions (login required)

View Item
View Item