Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar

Cut Ainul Mardhiah, 281223136 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Cut Ainul Mardhiah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi gerak pada tumbuhan di SMPN 1 Ingin Jaya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya penerapan model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran. Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dan media audio visual terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di SMPN 1 Ingin Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Experimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII, namun yang menjadi sampel penelitian yaitu siswa kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik uji-t untuk hasil belajar dan rumus persentase untuk aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dan media audio visual berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa yang didapatkan yaitu 80% termasuk ke dalam kategori sangat aktif. Begitu juga dengan hasil belajar siswa dari nilai statistik uji-t yaitu thitung 5.74>ttabel 1.67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan media audio visual pada materi gerak pada tumbuhan di SMPN 1 Ingin Jaya lebih baik dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, M. Pd; 2. Wati Oviana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Ainul Mardhiah Cut
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:06
Last Modified: 21 Jun 2019 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item
View Item