Metode Bimbingan Ma'had Al Jami'ah dalam Masalah Sosial Pribadi Mahasiswa (Studi Deskriptif di Asrama Kompas UIN Ar-Raniry, Banda Aceh)

Mutia Desi, 140402095 (2018) Metode Bimbingan Ma'had Al Jami'ah dalam Masalah Sosial Pribadi Mahasiswa (Studi Deskriptif di Asrama Kompas UIN Ar-Raniry, Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of GABUNGAN YANG BENAR.pdf]
Preview
Text
GABUNGAN YANG BENAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menjadi mahasiswa sekaligus santri bukanlah perkara yang mudah. Sebagai seorang individu yang baru memiliki satu status sebagai mahasiswa saja, sudah merasa kehabisan waktu dalam mengatur semua jadwal kesehariannya. Sama halnya dengan yang berstatus sebagai santri di sebuah asrama yang berbasis pondok pesantren. Padatnya kegiatan mahasiswa dan santri ini tentunya memunculkan permasalahan tersendiri Di sinilah suatu metode diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan program-program Ma’had dalam pencapaian visi misi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan Ma’had dalam mengatasi masalah sosial pribadi mahasiswa, (3) Mendeskripsikan fasilitas pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan Ma’had bagi mahasiswa yang mengalami masalah sosial pribadi, dan (4) Mendeskripsikan metode bimbingan Ma’had dalam penyelesaian masalah Sosial pribadi mahasisiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Metode deskriptif yang menberikan gambaran hasil pengamatan yang didapat dari lapangan. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara dengan 9 responden yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Program Ma’had dinilai sangat membantu dalam proses pencapaian visi misi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, (2) Pelaksanaan bimbingan dalam mengatasi masalah sosial pribadi yaitu melalui program mentoring/tsaqafah Islamiyah, (3) Faktor dominan yang menjadi kendala dalam upaya mengatasi masalah sosial pribadi yaitu rentang waktu yang dinilai terlalu singkat, dan juga ketidakseriusan mahasiwa dalam menjalani program Ma’had, (4) Metode bimbingan yang digunakan yaitu metode secara langsung baik secara individual maupun kelompok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa selain merupakan tempat pembentukan karakter mahasiswa, Ma’had Al-Jami’ah juga merupakan suatu instansi layanan bimbingan kepada mahasiswa dalam mengoptimalkan integritas diri mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kata kunci : Metode Bimbingan, Ma’had, Masalah Sosial Pribadi, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd 2. Rizka Heni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: metode bimbingan, Ma'had Al-Jami'ah, mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mutia Desi
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:15
Last Modified: 24 Jun 2019 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8319

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item