Penerapan Pumping Teacher dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMAN 1 Lhoknga

Abdul Razaq, 211323711 (2019) Penerapan Pumping Teacher dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMAN 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FULL ABDUL RAZAQ.pdf]
Preview
Text
FULL ABDUL RAZAQ.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa SMAN 1 Lhoknga menyebabkan kurang serius dalam belajar karena menurut siswa belajar PAI itu susah dan banyak hafalan sehingga membuat bosan dalam belajar. Pumping teacher dipandang sebagai salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang peningkatan motivasi belajar pada pelajaran PAI dengan menerapkan pumping teacher pada siswa kelas XI IA SMAN 1 Lhoknga Aceh Besar. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI melalui penerapan pumping teacher di kelas XI IA SMAN 1 Lhoknga Aceh Besar? Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penerapan pumping taecher terhadap pelajaran PAI? Bagaimana respon siswa dengan menggunakan penerapan pumping teacher? Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IA SMAN 1 Lhoknga Aceh Besar sebanyak 19 siswa. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif statistik dengan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pumping teacher dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI ada peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu dengan presentase (85%) baik pada siklus pertama menjadi (90%) sangat baik pada siklus kedua pada observasi guru saat menerapkan pumping teacher. Adapun aktivitas siswa pada siklus pertama dengan presentase (53%) meningkat pada siklus kedua dengan besar presentase (74%), dan dari hasil angket respon siswa bisa disimpulkan mareka tertarik untuk belajar dengan penerapan pumping teacher, pendekatan Pumping Teacher mampu menjadikan siswa lebih terampil dalam belajar, lebih aktif dan mampu mengeluarkan ide-ide baru serta mampu berpikir kritis dan ilmiah, siswa juga mampu mengaplikasikan materi yang diajarkan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan penerapan pembelajaran pumping teacher ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Sri Suyanta, M.Ag Pembimbing II: Realita, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pumping Teacher dalam Peningkatan Motivasi Belajar pada Pembalajaran PAI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Razaq Razaq
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:32
Last Modified: 27 Jun 2019 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item
View Item