Mardhiah, 140204195 (2019) Korelasi Rasa Percaya Diri dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
mardhiah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian yang berjudul “Korelasi Rasa Percaya Diri Siswa dengan Prestasi Belajar IPA Fisika di SMP Negeri 3 Ingin Jaya kabupaten Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara rasa percaya diri siswa dengan prestasi belajar IPA fisika di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII1-VIII6 di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Basartahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 180 siswa. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 25%-30% yaitu kelas VIII1 dan VIII6 sebanyak 50 siswa. Penentuan sampel ditetapkan secara pruposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai koefisien korelasi serial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya korelasi antara rasa percaya diri siswa dengan prestasi belajar IPA fisika di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar dengan bilangan korelasi seriaal adalah 1,576. Berdasarkan katagori nilai yang menjadi acuan penelitian ini, nilai koefisien korelasi serial rser= 1,576, sedangkan korelasi chotomisasi rch= 0,964, dan faktor koreksinya 1,014. Sehingga didapat nilai koefisien korelasi chotomisasi rch= 0,964, sedangkan rtabel= 0,284 pada taraf signifikan 5%, jadi rhitung >rtabel, sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara rasa percaya diri siswa dengan prestasi belajar IPA fisika di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.