Penerapan Pendekatan Metakognitif Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Kelas XI SMAN 3 Kluet Utara

Khamsaton, 140204179 (2019) Penerapan Pendekatan Metakognitif Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Kelas XI SMAN 3 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Metakognitif  Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Metakognitif Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis)
KHAMSATON.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Nilai ulangan peserta didik di SMAN 3 Kluet Utara, menunjukan bahwa pada materi fluida statis adalah 50% tuntas dengan KKM 65. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada pendidik (Teacher Center), sehingga menyebabkan sebagian peserta didik tidak mampu memberikan contoh dan non contoh dari materi yang diajarkan serta hanya sebagian kecil dari peserta didik yang mampu mendefinisikan masalah, memilih kriteria yang mungkin menjadi solusi dari permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk:1. Mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pendekatan
metakognitif pada materi fluidas tatis, 2. Untuk mengetahui aktivitas pendidik dan peserta didik dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan pendekatan metakognitif pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan di SMAN 3 Kluet Utara, dengan populasi sampel 20 yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA hanya ada satu kelas saja. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk essay. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Analisis data menggunakan Uji-t dan perolehan hasil perhitungan thitung 22,74 > ttabel 1,73 untuk signifikan 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi fluida statis kelas XI IPA dengan menerapkan pendekatan metakognitif pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fitriyawany, M.Pd 2.Hafizul Furqan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis,Fluida Statis
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khamsaton
Date Deposited: 19 Jul 2019 02:38
Last Modified: 19 Jul 2019 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8411

Actions (login required)

View Item
View Item