Pelaksanaan Kegiatan Ko-Kurikuler Mata Pelajaran Al-Quran Hadits pada MTsN 2 Banda Aceh

Fauzan Azima, 211323722 (2018) Pelaksanaan Kegiatan Ko-Kurikuler Mata Pelajaran Al-Quran Hadits pada MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Pelaksanaan Kegiatan Kokurikuler Mata Pelajaran Alquran Hadits pada MTsN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Pelaksanaan Kegiatan Kokurikuler Mata Pelajaran Alquran Hadits pada MTsN 2 Banda Aceh)
fauzan azima.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa untuk menunjang prestasi siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran Alquran Hadits, tidak saja diperlukan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, tetapi juga perlu kegiatan kokurikuler seperti menjawab soal, membuat kliping atau meresume pelajaran. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: bagaimana pelaksanaan kegiatan kokurikuler mata pelajaran Alquran Hadits pada MTsN 2 Banda Aceh dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, bagaimana tindakan guru setelah siswa selesai mengerjakan kegiatan kokurikuler serta bagaimana partisipasi orang tua siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 274 siswa dan guru bidang Pendidikan Agama Islam sebanyak 11 orang, kemudian untuk siswa diambil sampel sebanyak 76 orang dengan teknik random sampling dan untuk guru diambil 9 orang dijadikan sampel (sampel total). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi, angket dan wawancara. Setelah data diperoleh lalu diadakan olah data dan klasifikasi data, kemudian data-data yang diperoleh, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif dalam menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) pelaksanaakan kegiatan kokurikuler mata pelajaran Alquran Hadits pada MTsN 2 Banda Aceh telah berjalan cukup baik, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi adalah: berdasarkan hasil angket siswa dan wawancara dengan guru menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya buku bacaan yang disediakan pihak sekolah, (3) Tindakan guru terhadap siswa yang mengerjakan kegiatan kokurikuler cukup baik yakni selalu dilakukan penilaian dan siswa yang tidak mengerjakan selalu diberi sanksi, (4) Partisipasi orang tua siswa dalam kegiatan ini sangat mendukung yakni dengan menyediakan buku bacaan dan memberi masukan kepada siswa dalam mengerjakan kegiatan kokurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag; 2. Saifullah Maysa, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ektrakurikuler, Mata Pelajaran, Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.344 Pendidikan Ketrampilan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fauzan Azima Fauzan
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:50
Last Modified: 02 Jul 2019 08:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8474

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item