Penerapan Model Learning Start With a Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah- Akhlak Di kelas X Man Cot Gue Darul Imarah Aceh Besar

Serimah Aini, 211324432 (2019) Penerapan Model Learning Start With a Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah- Akhlak Di kelas X Man Cot Gue Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Learning Start With a Question (LSQ) Untuk Meningkatkan  Motivasi Belajar Siswa]
Preview
Text (Penerapan Model Learning Start With a Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa)
SERIMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah- Akhlak dengan melalui penerapan model pembelajaran LSQ (Learning Start With a Question) pada siswa kelas X MAN Cot Gue Darul Imarah Aceh Besar tahun 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan guru Akidah- Akhlak kelas X MAN Cot Gue Darul Imarah Aceh Besar, Objeknya adalah siswa kelas X Agama MAN Cot Gue Darul Imarah Aceh Besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi (Pengamatan), soal test, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang mana semua instrument penelitian dianalisis setiap 2 siklusnya, dengan membandingkan hasil yang dicapai pada persentase instrument penelitian, baik yang diberikan pada siswa maupun guru bidang studinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) yang dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang belajar pada 2 siklusnya yang mengalami peningkatan. Peningkatan minat terlihat dalam 3 indikator yaitu: 1. Motivasi siswa, dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 72,5% dilihat dari hasil pretest dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 86,25%. 2. Keaktifan siswa untuk bertanya, menanggapi, memperhatikan dan menjelaskan pertanyaan guru dan teman diskusinya pada pra siklus sebesar 65% dilihat dari aktivitas siswa yang diamati oleh guru bidang studi Akidah- Akhlak dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 95%. Dan 3. Hasil belajar siswa pada pra siklus 72,5% yang dilihat dari hasil akhir data post test, dan pada siklus II pertemuan kedua yaitu 89,375%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Akidah- Akhlak pada siswa kelas X MAN Cot Gue Darul Imarah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muji Mulia, S.Ag, M.Ag 2. Huwaida, M.Ag, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Learning Start with a Question, Motivasi belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Serimah Aini
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:29
Last Modified: 04 Jul 2019 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8477

Actions (login required)

View Item
View Item