Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Seulimeum Aceh Besar pada Materi Minyak Bumi

Harnila, 291223291 (2017) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Seulimeum Aceh Besar pada Materi Minyak Bumi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pendidikan]
Preview
Text (membahas tentang pendidikan)
Harnila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul pengaruh model project based learning terhadaphasilbelajarsiswakelas X SMAN 1 UnggulSeulimeum Aceh Besarpadamateriminyakbumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar,aktivitas belajar dan respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28Aprilhingga 09 Mei 2016. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental (eksperimensemu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 UnggulSeulimeum tahun ajaran 2015/2016 sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukandengancarapurposive sampling, adapun yang menjadisampelnyaadalah siswa kelas X4 dan X5 SMAN 1 UnggulSeulimeum yang terdiri dari 62 siswa. Untuk mendapatkan data digunakan teknik observasi, angket dan pemberian soal tes berupa soal pre-test dan post-test masing-masing berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwahasil belajar siswa pada materi minyakbumi setelah diajarkan dengan menggunakan model project based learning diperolehdariuji-t yaitunilai sig (2-tailed) < 0,05 atau0,013<0,05maka H0ditolak dan Ha diterima, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Unggul Seulimeum pada materi minyak bumi.Pelaksanaan pembelajaran kimia pada materi minyakbumi dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase sebesar 87,50% dan Respon siswa terhadap model project based learning pada materi minyakbumimenunjukkan hasil yang positif dengan persentase sebesar 70,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaadapengaruh model project based learningterhadaphasilbelajarsiswapada materi minyakbumi, juga memberikan dampak positif terhadap aktivitas dan respon siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning,Hasil Belajar, Miyak Bumi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd Harnila sayuman
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:53
Last Modified: 29 Sep 2017 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item
View Item