Upaya Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh dalam Pelaksanaan Bimbingan Islami terhadap Anak Didik Pemasyarakatan

Maturidi, 140402126 (2019) Upaya Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh dalam Pelaksanaan Bimbingan Islami terhadap Anak Didik Pemasyarakatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh dalam Pelaksanaan Bimbingan Islami terhadap Anak Didik Pemasyarakatan]
Preview
Text (Upaya Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh dalam Pelaksanaan Bimbingan Islami terhadap Anak Didik Pemasyarakatan)
SKRIOSI MATURIDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bimbingan Islami yang diterapkan terhadap anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA) Kelas II Banda Aceh telah dilaksanakan dengan berbagai upaya seperti belajar membaca al-Qur’an, kajian keislaman dan lain sebagainya. Jika dilihat dari upaya bimbingan yang diberikan seharusnya terjadi perubahan sikap dan tingkah laku bagi anak didik pemasyarakatan baik dari segi akidah, ibadah, maupun akhlaknya. Namun kenyataannya hasil bimbingan Islami yang dilaksanakan tidak diterapkan secara maksimal oleh anak didik. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih dalam mengenai upaya dalam memberikan bimbingan Islami di LPKA tersebut maka peneliti tertarik meneliti dengan judul Upaya Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA) Kelas II Banda Aceh dalam Pelaksanaan Bimbingan Islami terhadap Anak Didik Pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama, upaya LPKA dalam melakukan bimbingan Islami terhadap anak didik. Kedua, metode bimbingan Islami yang diterapkan terhadap anak didik. Ketiga, hambatan yang terjadi dalam proses bimbingan Islami terhadap anak didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, informan dalam penelitian ini adalah sembilan orang yaitu satu orang kepala LPKA, dua orang petugas pemasyarakatan, dua orang pembimbing Islami dan empat orang anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPKA Kelas II Banda Aceh telah berupaya memberikan bimbingan Islami terhadap anak didik dengan cara membuat kegiatan-kegiatan berupa kegiatan belajar membaca al-Quran, shalat berjamaah, zikir, belajar ilmu aqidah, belajar ilmu fikih dan kegiatan keislaman lainnya. Adapun metode bimbingan yang diterapkan yaitu dengan cara membuat kelompok-kelompok sesuai kelas, kemampuan dan ilmu anak didik. Sedangkan hambatan yang terjadi dalam proses bimbingan terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kurangnya minat dan kesadaran anak didik pemasyarakatan tentang pentingnya ilmu agama dan pengamalannya. Sedangkan faktor eksternalnya ialah kurangnya pembimbing Islami yang kompeten dalam memberikan bimbingan Islami terhadap anak didik pemayarakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mira Fauziah, M.Ag 2. M. Yusuf MY, MA
Uncontrolled Keywords: Upaya, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Bimbingan Islami, Anak Didik Pemasyarakatan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Maturidi Matu
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:49
Last Modified: 04 Jul 2019 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item
View Item