Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMP Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang pada Materi Gerak Tumbuhan

Muzakir, 2811121609 (2018) Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMP Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang pada Materi Gerak Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan)
MUZAKIR.SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Aktivitas peserta didik yang cenderung pasif dalam pembelajaran biologi, seperti jarang bertanya, mengungkapkan pendapat, tidak dapat merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dari pengajar, sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik materi gerak tumbuhan, yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan motode yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu metode diskusi kelompok tutor sebaya. Pertanyan penelitain dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada materi gerak pada tumbuhan di SMP Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang yang dibelajarkan dengan menggunakan metode diskusi kelompok tutor sebaya dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa dibelajarkan dengan metode diskusi kelompok tutor sebaya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi- Eksperiment, dengan desain Pretest-Posttets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas VIII SMP Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen VIII-a, kelas kontrol VIIIc, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik pursposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar obsrevasi dan tes tulis. Bedasarkan hasil analisis aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama diperoleh nilai sebesar 85%, pertemuan kedua 87,5 dan pertemuan ketiga 90 %. Sedangkan pada kelas kontrol pada pertemuan pertama dieroleh nilai sebesar 77,5, pertemuan kedua 80% dan pertemuan ketiga 82,5. Analisis hasil belajar diperoleh thitung> ttabel (2,361>2,026), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok tutor sebaya berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada materi gerak pada tumbuhan di SMP Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa dibelajarkan dengan metode diskusi kelompok tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Anton Widyanto, M. Ag., Ed. S 2. Eriwati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Diskusi Kelompok, Tutor Sebaya
Subjects: 900 Geography and History > 907 Pendidikan, Penelitian, Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Muzakir Kir
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:16
Last Modified: 04 Jul 2019 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8553

Actions (login required)

View Item
View Item