Pengaruh Penggunaan Metode Baghdadi Terhadap Kemampuan Ilmu Tajwid Santri Dayah Darul Iman

Mustaqim, 140201061 (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Baghdadi Terhadap Kemampuan Ilmu Tajwid Santri Dayah Darul Iman. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Baghdadi Terhadap Kemampuan Ilmu Tajwid  Santri Dayah Darul Iman]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Metode Baghdadi Terhadap Kemampuan Ilmu Tajwid Santri Dayah Darul Iman)
MUSTAQIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran metode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan mengajar di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam peningkatan kemampuan baca al-Qur’an metode mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Adapun rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Baghdadi berpengaruh terhadap kemampuan ilmu tajwid. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode quasi eksperimen desain, sedangkan desainnya adalah non equivalent control group design yang di Dayah Darul Iman dengan populasi seluruh santri kelas 3. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh di mana teknik penelitian, sampelnya dengan menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dalam bentuk pilihan ganda. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji t statistik didapat thitung> ttabel yaitu >1,68 , dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Baghdadi berpengaruh terhadap kemampuan ilmu tajwid santri Dayah Darul Iman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Huwaida, S.Ag, M.Ag, Ph.D 2. Saifullah, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kemampuan, Metode Baghdadi, Tajwid
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Depositing User: Mustaqim Mus
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:17
Last Modified: 04 Jul 2019 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8554

Actions (login required)

View Item
View Item