Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MIS Lamgugob Kota Banda Aceh

Nurul Fitria, 201223444 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MIS Lamgugob Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema  Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV  MIS Lamgugob Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MIS Lamgugob Kota Banda Aceh)
nurul fitria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di MIS Lamgugob Banda Aceh diperoleh, bahwa hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas IV masih rendah, banyak nilai siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata siswa 60. Nilai tersebut belum memenuhi kriteria ketuntasan minimun (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu dengan KKM 70 pada tahun ajaran 2016/2017. Banyaknya nilai siswa yang tidak tuntas tersebut dikarenakan siswa yang bosan terhadap kegiatan pembelajaran IPA di kelas, sehingga siswa tidak memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru. Model dan strategi yang diterapkan pada pembelajaran juga kurang bervariasi dan inovatif, penggunaan media pada materi yang membutuhkan penjelasan yang konkret juga kurang. Model make a match merupakan model pembelajaran dimana siswa secara aktif membentuk kelompok dengan mencari pasangan yang cocok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa, dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model make a match pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV. Rancangan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus, dan setiap siklusnya meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan model make a match pada siklus I yaitu 64,70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,64%. Hasil persentase aktivitas siswa saat menerapkan model make a match ke dalam pembelajaran pada siklus I yaitu 62,35%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,64%. Hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas yaitu dengan nilai persentase 61,76%, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,52%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match di kelas IV MIS Lamgugob dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Darmiah, M. A 2. Daniah, S. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Make A Match
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Fitria Fitria
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:30
Last Modified: 05 Jul 2019 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8569

Actions (login required)

View Item
View Item