Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTsN 2 Aceh Besar

Muttaqin, 140213031 (2018) Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik)
Muttaqin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri merupakan kemampuan individu dalam mengungkapkan argument atau pendapat di dalam suatu kelompok belajar. Namun, kepercayaan diri sering kurang di perhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran, Padahal kepercayaan diri merupakan salah satu faktor pendorong dalam mencapai keberhasilan baik secara akademik maupun non akademik dan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan bimbingan kelompok . Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTsN 2 Aceh Besar.dan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTsN 2 Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode penelitian pre- experimental desaigns dengan jenis desain one-group pretest-postest. Teknik Pengambilan Sampel Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengunakan Skala Kepercayaan diri, Skala Respon Peserta didik dan lembar observasi. Data yang diperoleh di olah dengan mengunakan aplikasi SPSS 21, Uji Wilcoxon pada Skala kepercayaan diri peserta didik dan mengunakan persentase pada skala respon dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTsN 2 Aceh Besar, kemudian pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dalam bimbingan kelompok, sehingga peserta didik dapat memahami pentingnya meningkatkan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Masbur, M. Ag 2. Muslima, M. E.d
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Muttaqin Muttaqin
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:36
Last Modified: 04 Jul 2019 07:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item
View Item