Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar

Cut Yoesi Elvina, 140207120 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Media Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Media Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar masih berpusat kepada guru sehingga membuat siswa pasif. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi dan kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada materi sistem gerak manusia. Rancangan penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan one grup pre-test-post-test design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di SMAS Babul Maghfirah yang tediri dari 2 kelas dengan sampel kelas XI-A yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria tingkat kemampuan siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan soal tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pertemuan I dengan persentase 82.75% dan pertemuan II dengan persentase 88% tergolong aktif. Hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia nilai rata-rata pretest 37.36, nilai posttest 84.22 dan rata-rata N-gain sebesar 0.74 dengan kategori tinggi dan terbukti H0 ditolak dan Ha diterima dengan thitung 21.79 ≥ ttabel 1.721. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada materi sistem gerak manusia di SMAS Babul Maghfirah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Yoesi Elvina Yoesi
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:35
Last Modified: 10 Jul 2019 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8743

Actions (login required)

View Item
View Item