Nadya Hariska Salsabila, 140204040 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Statis di MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRIPSI WORD GABUNG upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas IX MTsN 2 Aceh Besar diperoleh permasalahan bahwa proses pembelajaran sering berorientasi pada guru dan jarang melibatkan siswa secara langsung. Selain itu, guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih dibawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Listrik Statis kelas IX di MTsN 2 Aceh Besar. Metode yang digunakan yaitu True-Eksperimental dengan desain Pretest-Postest control grup design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas IX MTsN 2 Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019 dengan sampelnya siswa kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan IX-3 sebagai kelas kontrol menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yaitu pre-test dan post-test serta angket. Analisis data menggunakan Uji t-test, diperoleh hasil perhitungan thitung ≥ ttabel yaitu 8,70 ≥ 1,67 maka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dra. Ida Meutiawati, M.Pd. 2. Jufprisal, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Respon, Listrik Statis |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nadya Hariska Salsabila Nadya |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 02:50 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 02:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8762 |