Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di MAN 4 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus.

Wasliya Iswatul Husni, 140204197 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di MAN 4 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di MAN 4 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus.]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di MAN 4 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus.)
WASLIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh di kelas X MAN 4 Aceh Besar, bahwa pada pokok bahasan gerak lurus merupakan materi yang sulit bagi siswa. Rendahnya pemahaman siswa terlihat pada hasil belajar siswa ketika diberikan soal-soal latihan pada akhir pembelajaran. Hanya beberapa siswa yang mampu mencapai nilai (KKM). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran REACT terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X MAN 4 Aceh Besar pada materi gerak lurus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa/I yaitu kelas X diambil secara Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah di uji validitas. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi Kuadrat diperoleh data distribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α=0,05 dan dk=11,07. Nilai thitung=7,50 dan ttabel=1,69 sehingga thitung>ttabel dengan demikian hipotesis Ha dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng.Nur Aida, S,Si., M.Si 2. Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT), Gerak Lurus, Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wasliya Iswatul Husni Husni
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:27
Last Modified: 11 Jul 2019 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item
View Item