Peningakatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs melalui Model Discovery Learning

Raudhatul Jannah, 140205005 (2019) Peningakatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs melalui Model Discovery Learning. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningakatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs  melalui Model Discovery Learning]
Preview
Text (Peningakatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs melalui Model Discovery Learning)
SKRIPSI RAUDAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu kemampuan penting dalam matematika yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menarik kesimpulan dari suatu penyelesaian. Kenyataannya kemampuan penalaran siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Model pembelajaran discovery learning merupakan suatu model yang membuat siswa mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model discovery learning pada siswa SMP/MTs, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs yang diterapkan dengan model discovery learning dan yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 16 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan lembar tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian yang diperoleh (1) hipotesis I: diperoleh thitung = 7,81 dan ttabel = 1,72, hasil ini berakibat thitung > ttabel yaitu 7,81 > 1,72, berarti adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning. (2) hipotesis II:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Susanti, S.Pd.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Raudhatul Jannah Raudha
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:35
Last Modified: 11 Jul 2019 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item
View Item