Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN I Ingin Jaya

Evi Alista, 140204190 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN I Ingin Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN I Ingin Jaya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN I Ingin Jaya)
EVI ALISTA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Fisika merupakan ilmu dasar untuk penguasaan dan pengembangan teknologi. Untuk itu, pendidikan fisika diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat supaya dapat membantu peserta didik pada pemahaman yang lebih mendalam terhadap ilmu fisika yang akan sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk mencapai hasil belajar peserta didik, penulis mencoba untuk menggunakan Model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajara Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada materi fluida statis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI SMAN I Ingin Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimenta Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMA Negeri I Ingin Jaya, yang melibatkan kelas XI IPA3 dan XI IPA4, yaitu X IPA4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 peserrta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) didapat yaitu (2,66 > 1,68) pada taraf signifikan 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan representasi siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMAN I Ingin Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muliadi Kurdi, M, Ag 2. Rahmati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Conceptual-Understanding-Procedures
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Evi Alista Evi
Date Deposited: 15 Jul 2019 02:17
Last Modified: 15 Jul 2019 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item
View Item