Penerapan Model Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Irna Andriani, 201223468 (2018) Penerapan Model Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Bamboo Dancing untuk Meningkatkan  Prestasi  Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
Irna.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran dengan model bamboo dancing adalah pembelajaran yang diawali dengan pengenalan topik oleh guru. Guru bisa menuliskan topik tersebut didepan papan tulis atau guru bisa juga mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang apa yang mereka ketahui tentang materi tersebut. Kegiatan sumbang saran ini dimaksudkan untuk mengaktifkan struktur kognitif yang telah dimiliki peserta didik agar lebih siap menghadapi pelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa adalah nilai yang diperoleh siswa melalui tes setelah proses pembelajaran. Hasil belajar siswa sangat berpengaruh dengan penerapan model-model pembelajaran yang diajarkan didalam kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian mencakup soal tes akhir, lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dari hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan hasil belajar pada siklus pertama dengan perolehan nilai rata-rata 52,05 (baik), dan semakin meningkat pada siklus II dengan persentase 70,59%. Aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 66,07% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 94,68%. Hasil respon siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model bamboo dancing menunjukkan sebanyak 65,27% siswa menyatakan senang dan berminat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar berikutnya seperti yang telah diikuti. Sedangkan respon guru menunjukkan 81,25%. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa dan respon guru terhadap model bamboo dancing pada pelajaran IPA adalah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model bamboo dancing pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas Vl MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Drs. Ridwan M. Daud, M.Ed 2. Daniah, S. Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bamboo Dancing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irna Andriani Irna
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:53
Last Modified: 12 Jul 2019 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item
View Item