Penerapan Pendekatan Pembelajaran Starter Eksperimen (PSE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar

Novi Nazriati, 140204020 (2019) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Starter Eksperimen (PSE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of NOVI.pdf]
Preview
Text
NOVI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dapat disebabkan oleh siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Oleh karena itu, penulis telah melakukan penelitian yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Starter Eksperimen; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran starter eksperimen pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest design dan sample yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh yaitu kelas XI IPA yang terdiri dari 17 siswa. Dari data yang diperoleh dari pretest dan posttest dan angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 27,50 > 1,746. Selain itu, pembelajaran dengan pendekatan starter eksperimen juga mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa, dengan persentase sangat setuju mencapai 39,70% dan setuju 45,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan starter eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh besar dan mendapatkan respon yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Bukhari, S.Si, M.T 2. Muhammad Nasir, M,Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan starter eksperimen, Kemampuan Berpikir Kritis siswa, Materi Fluida Statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Novi Nazriati
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:54
Last Modified: 12 Jul 2019 07:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item
View Item