Analisis Simbol-simbol Islam Dalam Game Online

Bustanul Irvan, 411307132 (2019) Analisis Simbol-simbol Islam Dalam Game Online. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Analisis Simbol-simbol Islam dalam Game Online]
Preview
Text (Membahas Tentang Analisis Simbol-simbol Islam dalam Game Online)
skripsi wm siap cok ijazah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Simbol Islam bukan sekedar lambang tetapi memiliki makna spriritual dan kebudayaan. Dalam aspek kebudayaan, simbol Islam tidak hanya lahir dari tangan manusia namun lebih dari itu, dari wahyu dan bimbingan keilahian melalui para nabi dan rasul. Simbol itu sangat dimuliakan dan orang akan tersinggung apabila ditempatkan pada posisi yang tidak seharusnya. kenyataannya hari ini sebagian umat Islam tidak menyadari simbol-simbol tersebut telah dilecehkan dengan cara dipropaganda dalam permainan yang melalaikan dan merusak aktifitas serta pikiran anak-anak dan remaja.
Terkait hal tersebut penelitian ini bermaksud untuk melihat (1) bagaimana bentuk simbol-simbol Islam dalam game online yang selama ini masih dimainkan oleh banyak orang terutama generasi muda muslim, dan (2) bagaimana pandangan Islam terhadap simbol Islam dalam game online tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk simbol-simbol Islam dalam game online, (2) untuk mengetahui pandangan Islam terhadap simbol Islam dalam game online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) yang bersifat kualitatif. Metode tersebut adalah mengkaji simbol-simbol dalam game online yang akan menghasilkan suatu kesimpulan tentang kecenderungan isi, tema, dan tahapan (level) permainan.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa game online secara transparan meletakkan simbol Islam di dalamnya, seperti game Prience of Persia, Revenge of Sultan dan Devil My Cry3. Adapun beberapa simbol Islam dalam game tersebut, (1) hadits nabi yang terletak di antara dua bilah pedang, (2) gambar kastil atau istana yang menyerupai masjid (3) Nama sultan yang merupakan raja bagi negara islam disandingkan dengan sifat tercela yaitu balas dendam (4) pintu ka'bah di serupakan dengan pintu sarang setan.
Hadits nabi yang terletak di antara dua bilah pedang hadits tersebut merupakan hadits dakwah jika simbol itu diberi makna maka dakwah digambarkan dan disebarkan dengan kekerasan. Selain itu gambar kastil atau istana yang menyerupai masjid yang kapan saja dapat dibakar oleh musuh dalam bentuk serangan untuk memperoleh poin. Kemudian nama sultan yang merupakan gelar bagi pemimpin negara muslim digambarkan dengan sifat tercela yaitu sifat balas dendam dan sifat tersebut sangat bertentangan dengan agama Islam. Dan yang terakhir simbol islam yaitu pintu ka’bah sabagai kiblat ummat Islam diserupakan dengan pintu sarang setan, secara tidak langsung makna yang diberikan adalah ummat Islam menyembah sarang setan.
Kata kunci: Analisis, Simbol, Game dan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. H. A. Karim Syeikh, M.A 2. Fairus, S. Ag., M.A.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: bustanul irvan
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:45
Last Modified: 22 Jul 2019 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8905

Actions (login required)

View Item
View Item