Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Media Gambar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMAN 5 Abdya

Nurhabibah, 281324854 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Media Gambar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMAN 5 Abdya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Gambar Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMAN 5 Abdya]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Gambar Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMAN 5 Abdya)
NURHABIBAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya kendala yang dialami guru dalam proses belajar adalah tingkat pemahaman siswa di SMAN 5 Abdya dalam memahami pelajaran khususnya biologi umumnya pada materi sistem peredaran darah, beberapa siswa masih kurang aktif dan tidak memahami selama proses belajar mengajar berlangsung, selain itu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersumber dari buku, serta model atau metode yang digunakan belum bervariasi dan masih bersifat konvensional, sehingga membuat siswa kurung aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA dengan penerapan model make a match dan media gambar pada materi Sistem Peredaran Darah. Rancangan penelitian ini adalah Quasi eksperiment dengan desain pree test dan post test. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar dengan observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa dan untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan soal tes. Analisis data aktivitas belajar menggunakan rumus persentase dan teknik analisis hasil belajar dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, pertemuan pertama diperoleh nilai persentase 73,4% (aktif), sedangkan pertemuan kedua diperoleh nilai persentase 82,1% (sangat aktif). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dari nilai rata-rata pretest yaitu 29,35 sedangkan nilai posttest yaitu 84,7. Hasil analisis data secara statistik yaitu dengan menggunakan uji-t pada taraf singnifikan α = 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 19,060 dan nilai ttabel 1,72 yang artinya thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1.Samsul kamal S.Pd, M.Pd. 2.Zuraidah,S.Si,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Media Gambar, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Darah Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurhabibah Nur
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:49
Last Modified: 22 Jul 2019 01:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8974

Actions (login required)

View Item
View Item